Living Senior

  • Rp0

    Funding Goal
  • Rp0

    Funds Raised
  • 0 Days to go
  • Target Goal

    Campaign End Method
Raised Percent :
0%
The campaign is successful.

Campaign Story

Berdasarkan Data Sensus Ekonomi Nasional (Susesnas) Badan Pusat Statistik (BPS) 2017, jumlah lansia 23,4 juta jiwa (8,97 persen) dari total penduduk Indonesia. Pada 2025 diperkirakan mencapai 33,7 juta (11,8 persen) dan 2035 sebanyak 48,2 juta dari jumlah penduduk (15,8 persen).
Dengan jumlah lansia yang cukup besar itu, tentu kita tak berharap mereka yang lansia berkebutuhan menjadi beban hidup bagi keluarganya. Apalagi banyak pula ditemukan lansia yang hidup sendiri atau masih dibebankan dengan kehidupan. Selain itu, banyak juga orang lanjut usia di Indonesia yang masih butuh belajar dan dibina Al-Quran. Berdasarkan hasil riset Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ), sekitar 65 persen masyarakat Indonesia masih buta aksara Alquran, terutama di daerah pedesaan atau wilayah pelosok (Republika, 18/01/2018).
Fakta ini patut menjadi perhatian umat muslim Indonesia, karena Alquran adalah kitab suci yang berisi petunjuk hidup (way of life) setiap muslim dalam mengarungi hidup ini. Barangsiapa menjadikan Alquran sebagai kompas hidupnya, maka ia akan selamat dan bahagia. Sebaliknya, muslim yang tidak mengenal dan tidak mengamalkan Alquran akan celaka hidupnya. Membaca Alquran adalah satu di antara pengamalan Alquran itu sendiri.
Maka Program Living Senior ini akan memfokuskan pada dua hal yaitu:

  • Kesejahteraan Kepada Lansia.
  • Pembinaan Islam Kepada Lansia.